Cari Blog Ini

Sabtu, 02 Juni 2012

K-SBSI dan PT Jamsostek Bakal Gelar Sosialisasi

Demo Nelayan SBSI Bitung
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -Dalam bulan Juni 2012, empat federasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kota Bitung bekerja sama dengan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Manado bakal menggelar sosialisasi kepesertaan Jamsostek kepada para pekerja informal. Hal ini guna memberikan pemahaman arti pentingnya menjadi kepersertaan Jamsostek.
"Sebenarnya ini sudah lama kami merencanakan kegiatan sosialisasi dengan PT Jamsostek. Karena kepersertaan ini sangat penting bagi mereka," kata salah satu Ketua Federasi SBSI, ‎​Federasi Konstruksi Umum dan Informal, Robby Supit, dalam rapat singkat dengan Kepala Cabang PT Jamsostek Sulut, Arief Budiarto di Kota Bitung, Selasa (29/5).

Robby menambahkan, kegunaan kepesertaan jamsostek sangat penting bagi pekerja seperti tukang ojek dan nelayan. Karena resiko kerja dari para pekerja tersebut sangat tinggi.

"Nantinya akan berkembang, kalau ini sudah berjalan, nanti akan dikembangkan lagi kedepannya," ujarnya.

Dalam rapat singkat tersebut dihadiri langsung empat Ketua Federasi SBSI seperti, Federasi Buruh, Pelabuhan, Pelaut Dan Nelayan serta Federasi Transportasi Dan Angkutan, Rocky Oroh. Federasi Kontruksi Umum Dan Informal, Robby Supit. Federasi Buruh Makanan, Minuman, Hotel dan Pariwisata, Rusdyanto Makahinda.

Arief Budiarto, Kepala Cabang PT Jamsostek Sulut, menyambut baik dengan kegiatan sosialisasi kepesertaan jamsostek tersebut. Ia menambahkan, sampai saat ini tukang ojek dan nelayan-nelayan di Kota Bitung belum ada yang masuk dalam kepesertaan Jamsostek.

"Ini sangat bagus, nanti dalam minggu kedua atau ketiga akan dilaksanakan kegiatan ini. Mereka akan diberikan jaminan seperti Jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," ucap Arief.

Ia menambahkan, iuran kepesertaan jamsostek dua program tersebut JKK dan JKM sebesar Rp 17.550 per orang per bulan. Untuk iuran JKK 13500 sedangkan JKM sebesar Rp 4.050 per orang per bulan. (def).

http://manado.tribunnews.com/2012/05/29/k-sbsi-dan-pt-jamsostek-bakal-gelar-sosialisasi

0 komentar:

Posting Komentar