Cari Blog Ini

Senin, 07 Mei 2012

15 Gubernur, 739 Perusahaan raih penghargaan keselamatan kerja

Sindonews.com - 739 Perusahaan meraih penghargaan Zero Accident sementara 15 gubernur serta 21 bupati/walikota berhasil meraih penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan, 15 gubernur yang menerima penghargaan K3 ialah gubernur Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, DI Yogyakarta, Jambi dan Riau.

Sedangkan 21 walikota/bupati yang mendapatkan penghargaan ialah Bupati Langkat (Sumut), Sidoarjo (Jatim), gresik (Jatim), Cilegon (Banten), Jakarta Selatan (DKI Jakarta), Pasuruan (Jatim), Medan (Sumut), Serdang Bedagai (Sumut), Rokan Hulu (Riau), Musi Banyuasin (Sumsel), Pekanbaru (Riau), Dumai (Riau), Siak (Riau), Makassar (Sulsel), Bitung (Sulut), Cirebon (Jabar), Majalengka (Jabar), Bandung (Jabar), Balikpapan (Kaltim), Kutai Timur (Kaltim), dan Bupati Indramayu (Jabar).

Muhaimin menjelaskan, jumlah perusahaan yang meraih penghargaan Zero Accident ini meningkat sebesar 44,3 persen atau 227 perusahaan dibandingkan 2011 yang hanya mencapai 512 perusahaan. Sedangkan penghargaan K3 diberikan ke 245 perusahaan atas evaluasi hasil audit dari lembaga audit. Jumlahnya juga meningkat 6,7 persen dibandingkan 2011 lalu yang mencapai 238 perusahaan.

Dia menyatakan, pemerintah tidak hanya memberikan penghargaan kepada pemenang namun bentuk insentif lainnya agar jumlah perusahaan dan daerah yang peduli akan keselamatan dan kesehatan kerja dapat meningkat.

Peraih bintang Mahaputera ini juga menjelaskan, K3 sudah seharusnya menjadi kewajiban dan budaya sehari-hari karena dapat mencegah terulangnya kejadian kecelakaan kerja yang dapat merugikan semua pihak.

"Pelaksanaan K3 tidak lagi dilakukan secara parsial namun pendekatan sistem yang melibatkan seluruh manajemen, tenaga kerja, kontraktor dan sumber produksi yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan," ujarnya pada Penghargaan K3 di gedung Smesco pada Rabu (25/4/2012) malam. (bro)


http://www.sindonews.com/read/2012/04/25/452/618569/15-gubernur-739-perusahaan-raih-penghargaan-keselamatan-kerja

0 komentar:

Posting Komentar